Home  / Berita
Polres Meranti Sambut Kunker Anggota Komisi II DPR RI
Senin, 03 Agustus 2020 21:32
MERANTI - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia  (DPR RI) Dr. H. Syamsurizal, SE.MM, melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka melihat kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 di Mapolres Kepulauan Meranti. Pertemuan berlangsunh di Ruang Rupama Polres Meranti Jalan Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Senin (2/8/2020) sore.
 
Kunjungan kerja reses Anggota Dewan dari Fraksi Partai Persatuan Pembangun (PPP) tersebut dan juga merupakan Anggota Panja RUU Pemilu fraksi PPP di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, disambut oleh Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, berserta jajaran Polres Meranti.
 
Syamsurizal mengatakan, ia dari Komisi II DPR RI meninjau bagaimana sistem Pilkada untuk kedepannya sehingga lahirlah Kepala Daerah yang bermoral dan cerdas. 
 
"Kita ingin Pilkada jalan dan masyarakatnya optimal serta sehat tidak terjangkit covid-19, dan bagaimana peran kepolisian dalam mengamankan Pilkada tahun 2020, yang mengedepankan protokol kesehatan serta mengantisipasi kerawanan-kerawanan pada saat Pilkada tahun 2020," ujarnya.
 
Untuk itu, lanjut Syamsurizal, perlunya menyiapkan APD dan mengikuti protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada tahun 2020 agar semua terbebas dari segala penyakit.
 
"Bahwa tujuan kami juga meminta input kepada bapak semua terhadap RUU yang kami susun untuk kesiapan pelaksanaan Pilkada," imbuhnya lagi.
 
Dalam melakukan Pengawalan di Pilkada serentak tahun 2020, Taufiq Lukman Nurhidayat menyampaikan, untuk kekuatan personel Polres Kepulauan Meranti saat ini berjumlah 381 personel baik yan terdiri dari polres sebanyak 237 personil dan sisanya sebanyak 144 personil tersebar di 5 polsek jajaran dengan jumlah 9 kecamatan dan 98 desa serta 5 kelurahan.
 
Bahwa terkait pelaksanaan tahapan pilkada yang sudah berlangsung, kata Taufiq, sebelumnya yaitu pelantikan PPK dan PPS di tiap kecamatan serta persiapan tahapan berikutnya adalah sesuai dengan jadwal dari KPU. Polres Kepulauan Meranti sudah mempersiapkan pelibatan kekuatan personil beserta dengan unsur terkait guna mewujudkan situasi kamtibmas aman dan kondusif serta tetap mengantisipasi terhadap kerawanan yang terjadi pada setiap pentahapan dengan mengedepankan upaya preemtif dan preventif.
 
"Untuk jumlah TPS yang mana pada pelaksanaan Pilpres sebelumnya berjumlah 650 TPS, maka untuk jumlah TPS dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti berjumlah 450 TPS," ucap Taufiq.
 
Saat ini, Polres Kabupaten Kepulauan Meranti sudah melakukan mapping terhadap Bacalon Bupati dan Wakil Bupati namun pada saat ini selama belum ditetapkannya calon oleh KPUD Kepulauan Meranti maka berkemungkinan besar terjadinya perubahan pasangan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti dalam Pilkada tahun 2020.
 
Sementara, untuk partai pengusung yang ikut dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Kepulauan Meranti yaitu sebanyak 10 partai yang mana partai tersebut yang memiliki kursi pada pelaksanaan pemilihan legislatif tahun 2020 di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Langkah-langkah kami dalam mengantisipasi pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Kepulauan Meranti selama masa pandemi ini yaitu agar seluruh penyelenggara pilkada melaksanakan kegiatan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah" tutupnya.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Nipwin Bonar Hutabarat SE AK MH, Kabag Ops Polres Meranti Kompol Joni Wardi SH, Para Kasat Polres Meranti dan Para Kapolsek jajaran Polres Kepulauan Meranti. (rls/hms polres meranti)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!