Home  / Berita
Berkat Dana Desa, Jalan Yang Dulunya Becek Saat Musim Penghujan Kini Mulai Dibangun
Rabu, 28 Agustus 2019 16:52
MERANTI - Desa Mekarsari, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, terus berbenah. Dengan dukungan Dana Desa (DD), pembangunan geliat dilakukan guna mendorong pertumbuhan perekonomian di berbagai bidang.

Kepala Desa Mekarsari, Erman SPd mengatakan, pembangunan yang dibiayai DD tahun 2019 tidak saja untuk infrastruktur, tetapi juga pemberdayaan masyarakat.

"Sangat membantu, dan masyarakat juga senang. Karena, jalan yang tadinya belum tersentuh pembangunan dan pasti akan becek saat musim penghujan, kini mulai dibangun," ungkap Erman, Rabu (28/8/2019).

Dijelaskannya, DD tahun 2019 tahap pertama digunakan untuk membangun Jalan Famili sepanjang 332 meter dan sarana olahraga berupa Lapangan Voly Ball dengan lebar 20x12 meter, yang pengerjaannya sudah 100 persen.

"Menyusul, pencairan DD tahap kedua sesuai perencanaan akan membangun Jalan Sukajadi sepanjang 412 meter," bebernya.

Selain peningkatan infrastruktur di masing-masing dusun, kata Erman, DD Mekarsari juga digunakan untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang bermanfaat bagi masyarakat setempat dan untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

"Untuk pemberdayaan, para nelayan kita bantu alat tangkap ikan berupa jaring. Juga membantu kegiatan kader posyandu, lansia, MDTA, dan operasional PAUD," sebutnya.

Sementara Alokasi Dana Desa (ADD) pula, sambung Erman, digunakan untuk membayar gaji perangkat desa, hingga operasional kantor desa.

"Segala bentuk pembangunan yang kita lakukan ini berdasarkan hasil musyawarah, yakni antara Pemerintah Desa dan masyarakat," pungkasnya.

Disamping itu, Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) yang juga merupakan tokoh masyarakat Desa Mekarsari, Sabar, menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah karena telah memprogramkan Dana Desa yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dia berharap, dengan pembangunan yang dilakukan dapat meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Mekarsari. Terlebih, mulai perencanaan hingga pengerjaan pembangunan pihak desa melibatkan langsung masyarakat setempat.

"BPD kan mitra dari kepala desa. Jadi, kami siap membantu pemerintah desa dalam segala hal, diantaranya mendukung pelaksanaan program-program pemerintah. Dan alhamdulillah, di Desa Mekarsari hubungan kepala desa dan BPD sangat baik," ungkapnya. (Nur)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!