Home  / Berita
Posyantekdes Mandiri Desa Bina Maju Wakili Riau ke Tingkat Nasional
Selasa, 06 Agustus 2019 20:09
MERANTI - Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes) Bina Mandiri Desa Bina Maju Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil menjadi juara I se Provinsi Riau sekaligus mewakili Bumi Lancang Kuning ke tingkat nasional.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepulauan Meranti Ikhwani melalui Kepala Bidang Usaha Ekonomi Desa (UED) Sabarudin SSos mengatakan Posyantekdes itu baru perdana mengikuti kompetisi, namun sudah mengalahkan kabupaten/kota lainnya.

Kepala Bidang UED itu juga mengatakan saat ini Posyantekdes tersebut dalam persiapan memasukkan profil ke pusat.

"Form itu disediakan oleh kementrian, nantinya form itu akan dinilai, penilaian administrasi namanya. Jika nanti masuk kedalam 10 besar, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam, Teknologi Tepat Guna, Kemendes akan meninjau langsung Posyantekdes itu," kata Sabaruddin.

Sebelumnya dikatakan Sabaruddin pihaknya mengirim dua utusan Posyantekdes, yakni Desa Bina Maju dan Desa Kundur. 

"Untuk Desa Kundur sebagai Posyantekdes berinovasi dengan alat rancangan peracik multifungsi dan mesin pengupas kulit pinang. Dan Desa Bina Maju sebagai Posyantekdes berprestasi dengan rancangan mesin pemisah gabah," kata Sabaruddin.

Ditambahkan Sabaruddin, Posyantekdes Bina Mandiri lebih dilihat dari kelembagaannya. Dimana Posyantekdes itu fokus kepada memetakan sumber daya alam yang ada.

"Posyantekdes Bina Mandiri yang dibentuk pada Oktober 2018 telah memetakan sumber daya alam didesanya, dimana muaranya bekerjasama dengan BUMDes," kata Sabaruddin.

Kedua Posyantekdes itu juga akan diikutsertakan pada Gelar TTG tingkat nasional di Bengkulu pada 21- 25 September mendatang. (red)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!