Home  / Sosial & Budaya
PMI Berikan Penghargaan 27 Pendonor Darah di Rohil
Minggu, 12 Juli 2020 18:50
Bupati Rohil H Suyatno didampingi Ketua PMI Surya Arfan beserra segenap forkopimda berfoto bersama penerima penghargaan, Sabtu (11/7).

ROHIL - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memberikan penghargaan kepada 27 pendonor darah. Penerima penghargaan adalah mereka yang telah mendonorkan darah lebih dari 10 kali. 

 

Penyerahan penghargaan dilakukan Bupati Rohil H Suyatno didampingi Ketua PMI Surya Arfan bertempat di Posko Penanganan Kovid-19, Sabtu (11/7). Penyerahan penghargaan bersamaan dengan penerimaan bantuan penanganan Kovid-19 dari Pertamina Hulu Energi kepada Pemkab Rohil. 

Ketua PMI Rohil Surya Arfan mewakili Bupati memberikan apresiasi kepada para penerima penghargaan karena telah mendonorkan darah dengan sukarela untuk membantu sesama.

Dari 27 pendonor darah, sebut Surya, terbanyak telah mendonorkan sebanyak 50 kali namun berhalangan hadir dan terbanyak kedua dengan jumlah 34 kali atas nama Siswa Mulyadi atau Aseng dilanjutkan dibawahnya Suhartono dan Usman. 

"Donor darah yang kami lakukan ini belum secara mandiri disebabkan PMI belum sebagai Unit Transfusi Darah. Donor darah yang dilakukan masih bergantung pada peralatan rumah sakit dan hanya dilakukan di setiap acara," katanya. 

Selain itu, selama bulan Februari hingga Juli PMI Rohil berhasil mengumpulkan 363 kantong darah oleh pendonor dari TNI, Polri dan dari Perhimpunan Donor Darah Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Surya Arfan juga menyampaikan keluhan PMI mengenai peralatan donor darah yang belum dimiliki. 

Keluhan tersebut disambut baik Bupati dengan akan memprogramkan khusus perlengkapan peralatan donor darah PMI pada 2021 mendatang sebesar 1,5 Miliar. 

"Program peralatan donor darah dari Pemkab Rohil ini nantinya dapat meningkatkan kinerja PMI dalam misi kemanusiaan," ujarnya. 

Menurut dia, dukungan Pemda Rohil kepada PMI selama ini juga sudah banyak diantaranya membantu dana operasional setiap tahun, mobil operasional serta markas.

"Saya juga menghimbau bagi masyarakat yang sudah pernah mendonor lebih dari 10 kali untuk melaporkan bukti donor kepada PMI agar diberikan penghargaan," jelas Surya Arfan. Rif


Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!