Home  / Pemerintah Daerah
Dinsos P3APPKB Meranti Gelar Ajang Prestasi Remaja 2019
Selasa, 10 September 2019 22:08
MERANTI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) menggelar acara Ajang Prestasi Remaja (APR) Kabupaten Meranti Tahun 2019. Kegiatan dalam upaya mewujudkan generasi muda yang terbebas dari pengaruh narkoba, seks pra nikah dan hal-hal negatif lainnya tersebut diadakan di Ballroom Afifa, Selasa (10/9/2019). 

Acara yang bertema "Melalui kegiatan APR, generasi berencana (Genre) kita mulai dengan revolusi mental", secara resmi dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim. 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kepulauan Meranti mengapresiasi dengan baik acara ini dan merasa bangga atas beberapa prestasi yang diraih oleh remaja, anak-anak muda Meranti. 

Said Hasyim juga mengimbau remaja Genre adalah remaja yang menjauhi narkoba, seks bebas, pernikahan dini dan LGBT serta tindakan destruktif lainnya. 

"Oleh karena itu, gunakan kecerdasan berfikir melalui akal dan kejernihan nurani untuk menjadi generasi visioner, pemimpin masa depan dalam mengisi pembangunan, khususnya di Kabupaten Meranti," tegas Said Hasyim. 

H Said Hasyim juga mengingatkan agar terus berkarya, mengembangkan prestasi diri untuk menjadi orang yang sukses.

Tema dalam kegaiatan APR ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Meranti untuk mengatasi aneka problematika pembangunan manusia yang berorientasi pada pembinaan remaja Indonesia khususnya di Kabupaten Meranti menjadi remaja visioner yang terhindar dari bahaya narkoba, seks pra nikah serta hal-hal negatif lainnya dan itu semua dimulai melalui revolusi mental. 

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kadis Sosial P3AP2KB Kabupaten Meranti, Agusyanto Bakar. "Ini merupakan wujud nyata keseriusan Pemerintah Kabupaten Meranti membimbing remaja sebagai generasi penerus bangsa agar terhindar dari aneka tindakan destruktif yang tidak saja dapat mengancam masa depan mereka, tapi juga masa depan bangsa.  Karena mereka adik-adik remaja, generasi muda merupakan jawaban atas warna Indonesia masa depan," ungkapnya.

Agusyanto Bakar menjelaskan, revolusi mental bagi remaja sebagai generasi muda sangat dibutuhkan karena beberapa alasan. Secara ideologi, sebutnya,  dibutuhkan revolusi mental karena remaja sebagai generasi muda di sadari atau tidak mulai teracuni ideologi asing seperti, liberalisme, kapitalisme dan lain sebagainya. 

Secara ekonomi, kurang memiliki daya saing, ada sikap malas yang terkadang berada pada tataran yang sangat serius dan secara politis, revolusi mental dibutuhkan, karena remaja sebagai generasi muda mudah terbawa dan  terkotak-kotak oleh kepentingan politik praktis. 

Sedangkan secara sosial-budaya, revolusi mental diperlukan untuk menghindari remaja sebagai generasi muda agar terhindar dari pergaulan bebas, seks pra nikah, narkoba, nilai-nilai individualisme dan materialisme yang menjamur. 

Narasumber dalam kegiatan APR tersebut adalah Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau. Acara ini dihadiri oleh para pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Meranti, Para Camat, Kepala Sekolah, Pelajar serta para undangan lainnya.  

Sementara itu secara teknis, Kadis Sosial P3AP2KB Kabupaten Meranti melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB, Evalinda mengatakan, kegiatan APR ini dilaksanakan selama 2 hari, 10-11 September 2019. 

Kesempatan ini juga diisi dengan pelantikan pengurus forum Genre, sengaja dirancang untuk memacu kreatifitas remaja sehingga mereka mampu berprestasi. 

Kegiatan ini merupakan  program nasional di bawah BKKBN yang diikuti oleh 100 peserta, terdiri dari pelajar SMA dan dari kecamatan.  

Lebih lanjut Evalinda secara jelas menerangkan, bahwa salah satu cara efektif mengantisipasi berbagai permasalahan yang dihadapi remaja adalah melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R). PIK-R yang merupakan wadah dari kegiatan program Genre yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja dan bertujuan untuk menyampaikan informasi, konseling dan pelayanan bagi remaja, termasuk menyangkut kesehatan dan proses reproduksi remaja.

"APR ini memang patut diapresiasi. Karena, APR sangat potensialitas melahirkan remaja Indonesia, khususnya remaja di Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi remaja yang sportif, cerdas penuh kreatifitas dan berprestasi," ungkapnya. (rls)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!