Home  / Ekonomi & Keuangan
Disdagprinkop-UKM Meranti Gelar Pelatihan Untuk Pelaku UMKM
Selasa, 02 April 2019 12:57
MERANTI - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, mengikuti sekaligus membuka secara resmi acara Pelatihan Vocational pada Daerah Perbatasan, kegiatan yang ditaja oleh Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (Disdagprinkop-UKM) Kepulauan Meranti bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah RI itu digelar di Aula Grand Meranti Hotel, Selasa (2/4/2019).

Turut hasir Asisten Deputy Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Khalif Mujtahid, Asisten II Sekdakab. Meranti Drs. Said Asmaruddin, Narasumber Muhammad Haris UKm KBQ Baburayan Aceh, Ir. Suhaimi UKM Graha Utama Kampar, Sekretaris Dinas Perindagkop Meranti Rudi Al-Hasan SAg MM, Kabag Humas dab Protokol Meranti Hery Saputra, Kadis Perikanan Meranti, serta Para Peserta Pelatihan Perwakilan Kecamatan Se-Kabupaten Kep. Meranti dan lainnya.

Rudi Al-Hasan dalam penjelasannya mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM dan pengelola Koperasi di Meranti dalam mengolah hasil produksi perkebunan dan nelayan khususnya Ikan dan Kopi. 

"Semoga dengan pelatihan ini masyarakat dapat mengolah potensi daerah Ikan dan Kopi menjadi produk unggulan yang berkualitas ekspor," ucap Rudi.

Pelatihan ini sendiri mengikut sertakan 60 orang perwakilan dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Meranti yang berada di kawasan Lokasi Prioritas (Lokpri) Perbatasan. Selanjutnya ia menjelaskan sejauh ini pihak Diperindagkop Meranti telah melakukan pendataan UMKM dan Koperasi di Meranti, dari catatan Dinasperidagkop jumlah UMKM yang terdata secara Online adalah 1148 dan Koperasi 176.

"Dari jumlah itu masih banyak yang belum terdata secara Online untuk itu kami berharap pelaku UKM dan Koperasi yang belum terdata untuk segera mendaftarkan diri secara Online," harap Rudi.

Lebih jauh djelaskan Rudi, dalam pelatihan ini nantinya peserta akan dibahi menjadi dua kelompok yakni kelompok pengolah Ikan dan kelompok pengolah Kopi.

Menyikapi kegiatan pelatihan ini, Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, mengucapkan apresiasi kepada Kementrian Koperasi dan UKM RI, ia berharap daerah Meranti sebagai salah satu daerah yang terletak diperbatasan dapat terus diperhatika oleh pihak Kementrian dalam mengesa pembangunan daerah disegala aspek.

Menurut Sekda kegiatan yang difasilitasi oleh Disperidagkop Meranti ini sangat strategis dalam upaya membina Koperasi dan UMKM mengembangkan usaha dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sebab tanpa pengetahuan yang mumpuni mustahil para pelaku UMKM mampu bersaing dengan pelaku usaha besar.

Dikatakan Sekda kalau produksi saja yang ditingkatkan tanpa memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM takan mampu berkembang dan yang terpenting menurutnya bagaimana meningkatkan mutu dan kualitas produk yang dihasilkan sebab negara tetangga Malaysia dan Singapura sangat menanti produk komodity lokal Meranti itu yang tentunya tidak dimiliki seperti Kopi dan Ikan.

"Untuk itu saya minta pihak Kementrian dan Dinas terkait untuk menginventaris UMKM dan Koperasi yang ada di Meranti untuk diberi pembinaan dengan baik agar bisa berkembang selain itu terus memonitor perkembangannya," ucap Sekda.

Dalam upaya menunjang lalu lintas pemasaran produks UMKM, dikatakan Sekda Pemkab. Meranti sendiri akan terus berupaya memperlancar aksesbilitas hasil produksi masyarakat dengan membangun Fasilitas Indrastruktur jalan dna jembatan yang dibutuhkan.

"Kuta akan terus membangun jakan akses semua produk hasil UMKm kita bisa sampai ketujuan dengan lancar, dan ini terus menjadi PR besar kita kedepan," papar Sekda.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan Dinas Disperidagkop dalam mebina UMKM adalah bagaimana Pembinaan UKM, Peningkatan Pembiayaan, Nilai Tambah, Peningkatan Kualitas Produk, Penguatan Kelembagaan, Kepastian Pemasaran Produk danlainnya.

Pada kesempatan itu, kepada para peserta pelatihan, Sekda berharap dapat menggunakan peluang langka ini untuk menyampaikan semua hasil produk yang telah dihasilkan agar dapat dikembangkan, melalui Disperindagkop Pemda Meranti siap membantu meningkatkan mutu dan kualitas produk yang dihasilkan dan menjadikan Meranti Meranti sebagai kawasan niaga yang unggul.

"Kegiatan ini sangat sesuai dengan visi dan misi Meranti dalam menjadikan daerah sebagai kawasan perniagaan yang maju dan unggul," jelas Sekda.

Terakhir Sekda meminta kepada Dinas terkait dalam hal ini Diperidagkop untuk membangun Outlet pemasaran produk UMKM yang representatif, gunaanya agar para wisatawan yang berkunjung dapat membeli oleh-oleh khas Meranti untuk dibawa kedaerahnya masing-masing, Outlet ini juga sebagai media bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produksinya dengan mudah. Tak lupa Sekda juga menghimbau para pengusaha besar untuk dapat bekerjasama membina UMKM dengan bertindak sebagai bapak angkat.

"Ini juga sapah satu upaya kita untuk meningkatkan oertumbuhan ekonomi sekaligus menekan angka pengangguran di Meranti," pungkas Sekda mengakhiri.

Sementara itu, pihak Kementrian Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Khalif Mujtahid, menjelaskan kegiatan ini sengaja digelar atas usulan Badan Nasional Perbatasan untuk membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat di daerah perbatasan agar masyarakat dapat ikut serta dalam mengembangkan ekonomi. 

Pihak Kementrian Koperasi dan UKM dikatakan Khalif menyedari sebagai Kabupaten baru, masyarakat Meranti  sangat membutuhkan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di Perbatasan seperti yang terus digesa oleh Pemerintah saat ini.

Selain itu juga untuk mempersiapkan masyarakat Meranti dapat memanfaatkan Perdagangan Bebas untuk memasarkan produknya ke negera tetangga Malaysia dan Singapura.

"Nantinya diharapkan masyarakat yang berada didaerah perbatasan memiliki produk yang berkualitasmeningkat ekonominya, sehingga tidak terjerumus kepada kegiatan negatif seperti peredaran narkoba ataupun menjadi TKI Ilegal," jelasnya. (Hms)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!