Home  / Advertorial
DPRD Paripurnakan Hari Jadi Bengkalis ke 507
Rabu, 31 Juli 2019 09:20

BENGKALIS - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Bengkalis ke 507. Paripurna Hari Jadi Bengkalis itu dihadiri Gubernur Riau, Syamsuar dan langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Abdul Kadir, Selasa 30 Juli 2019 pagi di Gedung DPRD Bengkalis Jalan Antara.

Rapat Paripurna Istimewa sebagai bukti mengenang sejarah dan apresiasi terhadap sejarah perjuangan daerah Bengkalis yang dilaksanakan setiap tanggal 30 Juli sejak disahkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bengkalis Nomor 20 tahun 2004 tentang penetapan Hari Jadi Bengkalis.

Ketua DPRD Bengkalis, Abdul Kadir dalam pidatonya mengatakan memaknai Hari Jadi Bengkalis ke 507 bukanlah semata-mata mengenang dan berbagi cerita. Bukan juga sekadar bergembira atau sekadar serimonial belaka.

"Merayakan hari jadi momentum strategis melakukan kilas balik derap pembangunan yang telah dilakukan. Kemudian melihat laju pembangunan tengah berjalan untuk direncanakan dimasa datang," kata Abdul Kadir dalam sambutanya.

Dikatakan Abdul Kadir, penetapan hari jadi Bengkalis tanggal 30 Juli 1512 merupakan sebuah ketetapan yang sudah dikukuhkan dengan keputusan DPRD Kabupaten Bengkalis Nomor 08/Kpts/DPRD/2004. Kemudian dituangkan kembali dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 20 Tahun 2004, tanggal 28 Juli 2004. Selanjutnya diundangkan di dalam Lembaran Daerah.

"Hari jadi Bengkalis ke 507 juga mengulas sejarah para pejuang dalam memberikan jiwa raganya, kemampuan serta mewariskan segala yang tak ternilai harganya. Tentu sejarah masa depan juga harus kita ukir dengan kerja keras untuk memakmurkan tanah, meninggikan derajat negeri dan memuliakan kehidupan," tutur Politikus Partai Amanan Nasional (PAN) Bengkalis ini.



Sedangkan pidato Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi mengajak melalui Hari Jadi ke-507 Bengkalis, seyogjanya harus mengoptimalkan lagi kebersamaan dalam menyongsong Kabupaten Bengkalis yang maju dan makmur di masa kini dan di masa yang akan datang.

"Kepada semua pihak untuK meningkatkan semangat kerja bersama demi terwujudnya kabupaten yang penuh sejarah ini menjadi daerah yang maju dan makmur. Idrealnya, kemajuan pertumbuhan pembangunan daerah hendaknya diiringi juga dengan peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi rakyatnya," kata Gubri Syamsuar.

Tentunya, tambah Syamsuar. Hal tersebut terus menjadi persoalan bagi semua dalam menghadapi segala tantangan zaman. Terlebih lagi, Kabupaten Bengkalis dengan sumber daya manusia yang ada tentunya dapat memberikan kontribusi dan warna tersendiri dalam pembangunan di Provinsi Riau.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis harus mampu mengangkat potensi-potensi alam yang dimiliki di daerah ini, selain minyak bumi dan gas tentunya masih banyak potensi lainya seperti wisata alam, religi, situs sejarah dan ragam budaya yang dimiliki oleh Bengkalis ini," imbuh Gubri.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Kaderismanto ditemui BENGKALISONE.COM menyebut hasil refleksi sejarah Hari Jadi Bengkalis ini dapat membawa semangat perubahan dan pembenahan bagi Kabupaten Bengkalis tetap kondusif. Karena dengan kondisi aman dan tentram itulah Pemkab dapat melaksanakan tahapan pembangunan dengan aman lancar dan sukses.

Politikus PDI P inipun menambahkan dengan rentan sejarah 507 tahun para tokoh pemimpin dan pejuang Kabupaten Bengkalis telah berkarya silih berganti dan setiap pemerintahan telah bekerja kerasa untuk membangun Negeri Junjungan ini kearah lebih baik sehingga tercapainya kensejahterakan bagi masyarakat.

"Dan kita berikan penghargaan yang tulus atas jasa dan pengabdian para tokoh-tokoh pemimpin dan pejuang Bengkalis dahulu yang telah memberikan kepada daerah ini untuk menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita sebagai generasi penerus untuk meneruskan dan mewujudkan cita-cita luhurnya," ungkapnya.     

Rapat Paripurna Istimewa ditutup sekitar 10.40 WIB itu juga terlihat dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, H Sunaryo, Asisten I Setda Provinsi, H Ahmad Syah Harrofie, sejumlah mantan Bupati Bengkalis dan tamu kehormatan lainnya.

Tampak hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Kapolres dan Dandim Bengkalis, Kajari Bengkalis, Ketua LAMR Kabupaten Bengkalis, Para Camat dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.[red/Adv]


Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com
BERITA TERKAIT:
Pasca Kebakaran Lahan dan Hutan, BLH Bengkalis Sebut Kualitas Asap Masih Aman
Pemerintah Pusat Programkan Pulau Rupat, Bengkalis Kawasan Strategis Pariwisata Nasional
Lahan Warga Bengkalis Kembali Terbakar
DPRD Bengkalis Gelar Paripurna Laporan Pansus TA 2018
IMI Korwil Bengkalis Gelar Kejurda


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!